Napak Tilas Peringatan Tsunami Aceh di Tahun 2022

MuamalahNews.com - Tidak terasa peristiwa tsunami yang melanda Provinsi Aceh di Indonesia sudah memasuki tahun ke18 tahun peristiwa bencana hebat tersebut terjadi tepatnya pada tanggal 26 Desember 2004 silam.

Setiap tahunnya, Pemerintah Aceh beserta masyarakat senantiasa memperingati tanggal 26 Desember sebagai momentum untuk mengenang tsunami Aceh 2004. Momentum peringatan tersebut biasa digelar dengan kegiatan renungan dan doa bersama.

Melansir detikSumut, Senin (26/12/2022), peringatan 18 tahun tsunami Aceh pada 26 Desember 2022 di Aceh diawali dengan suara sirene pada pukul 08.00 WIB. Suara sirene tersebut terdengar di hampir seluruh penjuru Banda Aceh.

Sirene tersebut dibunyikan dari fasilitas umum yang ada di ibu kota Provinsi Aceh. Adapun tujuan sirene tersebut dibunyikan selama satu menit ialah untuk mengenang detik-detik tsunami yang melanda pada Provinsi Aceh pada 2004 silam.

Isak tangis dan suasana haru tak terbendung saat peringatan 18 tahun Tsunami Aceh di Kuburan Massal Ulee Lheu, Banda Aceh, Senin (26/12/2022).

Ulee Lheu sendiri merupakan salah satu daerah di Banda Aceh yang mengalami dampak yang cukup parah akibat terjangan tsunami 26 Desember 2004 lalu. Selain itu, lokasi daerah yang tepat berada di pesisir pantai lainnya juga porak poranda akibat dampak hantaman gelombang tsunami pada tahun 2004 silam.

Adapun dalam mengenang 18 tahun tsunami Aceh, pemerintah Aceh mengusung tema peringatan 18 tahun tsunami Aceh tahun 2022 yaitu 'Bangkit Lebih Kuat, Bangun Budaya Sadar Bencana'. Tema ini dipilih sebagai upaya pemerintah mengajak masyarakat senantiasa bersemangat dalam bertransformasi dan bangkit dalam membangun budaya sadar bencana.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

--------

Simak berbagai berita pilihan dan terkini lainnya dari kami di Google News