TpYlBSC5GfM7GUO9GpC7GUW7

Sebanyak 51 Gempa Mengguncang Samosir Sejak Kemarin: Apa yang Terjadi??

MuamalahNews - Samosir, Sumatera Utara (Sumut) diguncang gempa berkali-kali. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 51 kali gempa yang terjadi di daerah itu sejak kemarin hingga pagi ini.
"Update kegempaan Samosir, telah terjadi gempa bumi sebanyak 51 kali, update data dari 22 Juni 2024 23.34 WIB sampai dengan hari Minggu, 23 Juni 2024 pukul 08.00 WIB ," kata Petugas Analis Gempa Bumi BBMKG Wilayah I Medan Endah Puspita Sari. 

Endah mengatakan gempa terjadi dengan kekuatan yang berbeda-beda mulai dari M 1.6 hingga M 3.9. Dia menyebut fenomena gempa berulang yang terjadi di Samosir ini bukan pertama kalinya.

"Kekuatan bervariasi antara M1.6 sampai M3.9. Untuk aktivitas kegempaan di Samosir seperti ini bukan kejadian pertama kali, sebelumnya pernah juga cukup aktif di Samosir. Hal ini disebabkan adanya keberadaan sesar aktif di daerah ini," ungkap Endah

Endah menyebut pihaknya masih terus memantau aktivitas gempa tersebut. "Untuk saat ini, BMKG masih terus memantau untuk analisa lebih lanjut," pungkasnya.

Comments0

--------

Simak berbagai berita pilihan dan terkini lainnya dari kami di Google News

Type above and press Enter to search.