Latto latto permainan yang Viral dipenghujung tahun 2022, lantas bagaimana asal usulnya?

Beberapa saat menjelang akhir tahun 2022, mainan latto latto menjadi trending/ populer dan banyak digandrungi oleh masyarakat yang mana tidak hanya digemari anak-anak, namun orang dewasa juga gemar memainkan permainan latto latto tersebut.

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil juga menjajal mainan viral yang satu ini saat keduanya berkunjung ke Subang, Jawa Barat. Dalam unggahan video di Instagram Ridwan Kamil, Jokowi tampak mengayunkan nok-nok. Namun Jokowi gagal memainkannya. "Kok nggak bunyi ya," ucap Jokowi sambil tertawa.

Mengutip dari The Guardian, mainan viral latto-latto juga disebut sebagai clankers ball yang merupakan pendulum dengan dua bola pemberat serupa yang terikat pada sebuah tali dengan cincin di atasnya.

Latto-latto sendiri sebenarnya adalah sebuah mainan yang umum dimainkan oleh masyarakat pedesaan di era tahun 90-an. Berasal dari bahasa Bugis, latto-latto kemudian berubah jadi katto-katto di Makassar, dan etek-tek di daerah Jawa.

Sebenarnya, permainan ini sendiri bukan berasal dari Indonesia. Latto-latto merupakan mainan yang berasal dari Amerika, dan muncul pada tahun 1960-an. Nama asli dari latto-latto sendiri adalah clankers.

Setelah populer di Era tahun 1970-an, clankers kemudian sempat dilarang karena sempat memakan korban dikarenakan pada saat itu bahan yang digunakan bukanlah plastik atau karet keras, akan tetapi menggunakan kaca dan plastik yang cukup mudah pecah, dan rawan mencederai pemainnya. Namun setelah melewati berbagai modifikasi, maka jadilah latto-latto yang ada sekarang ini kita kenal dimainkan oleh anak-anak dan bahkan orang dewasa di Indonesia saat ini.

Berikut ini, beberapa tips tutorial untuk memainkan latto latto :

- Pastikan kedua bola berada di posisi sama dan seimbang pada awal permainan

- Jepit bagian tengah tali latto-latto di antara jari, dan temukan titik seimbangnya

- Goyangkan tangan naik turun hingga latto-latto saling beradu dan menimbulkan bunyi

- Perkuat gerakan naik turun untuk mendapatkan benturan di bawah dan di atas hingga bunyinya semakin nyaring

Mungkin penjelasan di atas terlihat mudah, begitu juga ketika anda melihat orang lain yang sudah mahir memainkannya, namun hal tersebut akan berbeda jika anda mencobanya sendiri, selamat mencoba.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

--------

Simak berbagai berita pilihan dan terkini lainnya dari kami di Google News