Larangan keras keberadaan LGBT, Seks Bebas, dan Alkohol pada perhelatan Akbar Piala Dunia 2022 di Qatar

Kontroversi terkait gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar terus marak. Paling anyar menyangkut pernyataan Duta Piala Dunia, Khalid Salman yang mengatakan, homoseksualitas adalah 'kerusakan dalam pikiran' dan 'kerusakan spiritual' dan 'haram' di negara emirat yang mayoritasnya Muslim.

Pernyataan mantan pemain sepak bola nasional Qatar itu langsung memicu reaksi, berupa kecaman keras dan seruan untuk menerapkan 'travel warning'. Sejumlah aktivis LGBTQ lainnya bahkan meminta pemboikotan turnamen sepak bola internasional itu. Sebelumnya sejumlah aktivis LGBTQ juga menggelar aksi protes di depan markas FIFA di Zurich terkait isu yang sama.

Selain itu One night stand atau hubungan seks satu malam yang dilakukan pasangan bukan suami istri juga akan dilarang dalam perhelatan Piala Dunia Qatar 2022. Mereka yang nekat dan ketahuan pihak berwenang bisa dihukum hingga 7 tahun penjara.

Larangan itu disampaikan oleh para pejabat FIFA. Adapun larangan seks bebas ini merupakan yang pertama kalinya ada di gelaran Piala Dunia. Hal itu dikarenakan memang seks di luar nikah dan homoseksualitas merupakan sebuah aktivitas ilegal di Qatar.

Adapun sumber FIFA juga mengatakan minuman beralkohol dan budaya pesta setelah pertandingan, yang merupakan norma di sebagian besar negara barat, sangat dilarang dan bertentangan dengan budaya timur. 

"Dengan konsekuensi yang sangat ketat dan menakutkan jika Anda tertangkap. Ada perasaan bahwa ini bisa menjadi turnamen yang sangat buruk bagi para penggemar," ujar pejabat FIFA dikutip dari dailystar, Minggu (19/6/2022).

Mengonsumsi minuman keras di tempat umum dapat dihukum hingga enam bulan penjara, namun alkohol tetap dapat diakses hanya di beberapa hotel dan bar yang memiliki lisensi. 

Komite Tertinggi Qatar untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2022 juga memperingatkan akan adanya undang-undang yang ketat.

Qatar akan menjadi negara kedua di Asia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, setelah Jepang. Namun, penunjukan tersebut menjadikan Qatar sebagai negara muslim pertama yang menggelar Piala Dunia.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

--------

Simak berbagai berita pilihan dan terkini lainnya dari kami di Google News