Riset Snapchart: Shopee Jadi e-Commerce yang Paling Sering Digunakan

Riset Snapchart: Shopee Jadi e-Commerce yang Paling Sering Digunakan

MuamalahNews.com - Aplikasi riset pasar, Snapchart, mendalami tentang ‘Karakteristik Perilaku Konsumen dan Preferensi dalam Berbelanja Online’ dalam tiga bulan terakhir, Berdasarkan riset tersebut terungkap, Shopee merupakan platform e-commerce yang paling sering digunakan.

Direktur Snapchart Indonesia, Astrid Wiliandry, mengatakan 78 persen dari 1.000 orang responden berusia 20-35 tahun di seluruh Indonesia, memilih Shopee sebagai e-commerce yang jadi yang paling sering digunakan untuk berbelanja. Sementara, Tokopedia sering digunakan oleh 20 persen responden diikuti Lazada 22 persen.

“Aktivitas belanja online semakin dekat dengan kehidupan masyarakat. Berbagai kebutuhan pengguna yang terus berkembang menjadi peluang serta alasan para pemain e-commerce di Indonesia memperkuat daya tarik melalui penawaran diskon, lahirnya fitur inovatif, hingga kelengkapan pilihan produk,” ujar Astrid dalam keterangan yang diterima Fortune Indonesia, Jumat (9/9).

Pernyataan ini didukung oleh penelitian Snapchart yang menunjukkan bahwa belanja online sudah jadi gaya hidup masyarakat Indonesia. Tercatat, 95 persen konsumen terhubung dengan internet lebih dari 1 kali sehari dalam sebulan bulan terakhir, dan 5 persen lainnya setidaknya mengakses internet 1 kali sehari. Sebanyak 57 persen responden juga mengakui bahwa pandemi dua tahun terakhir membuat mereka lebih sering berbelanja secara online.

Perilaku para Pengguna E-commerce

Riset Snapchart terkait belanja online juga mengungkap fakta menarik soal karakteristik para pengguna platform e-commerce. Data riset menunjukkan alasan masyarakat berbelanja online di e-commerce pilihan, pertama karena iming-iming promo Gratis Ongkir dengan raihan 79 persen responden. Selain itu alasan beragam penawaran promo menarik sebanyak 67 persen; ketersediaan fitur pembayaran lengkap capai 63 persen; Fitur lain yang mudah digunakan sebanyak 61 persen; dan alasan jenis kategori produk yang beragam dan lengkap yang mencapai 58 persen.

Selain itu, riset yang dilakukan juga membagi karakter perilaku para konsumen belanja online menjadi tiga tipe, yakni:

Discount Seekers

Tipe ini adalah konsumen yang gemar mencari dan memanfaatkan promo ketika berbelanja online. Hasil riset menunjukkan bahwa tipe ini adalah yang terbanyak di Indonesia. Dengan demikian, promo dan diskon hingga saat ini masih akan jadi magnet utama untuk menarik konsumen berbelanja online.

Menyambut momentum festival belanja akhir tahun, para pemain e-commerce berkesempatan untuk menghadirkan program spesial bertabur promo yang dapat dimanfaatkan oleh para tipe konsumen Discount Seeker.

Adapun tiga faktor yang menjadi daya tarik bagi konsumen saat mempersiapkan belanja online saat festival akhir tahun antara lain Ongkos Kirim Murah (70 persen), Menawarkan Promo Menarik (66 persen), serta Harga Terjangkau (60 persen).

Need-based Customer

Pada tipe ini, konsumen cenderung berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Oleh sebab itu, kelengkapan pilihan produk serta kategori yang dapat memenuhi kebutuhan harian maupun pelengkap, jadi faktor penting yang mempengaruhi keputusan saat belanja. Selain itu, kemudahan mengakses produk, rekomendasi, dan product review, biasanya jadi pertimbangan konsumen jenis ini.

Wandering Customer

Salah satu tipe yang menarik dari konsumen adalah mereka yang terikat pada satu platform e-commerce karena fitur-fitur menarik yang dihadirkan. Jadi, keberadaan fitur menarik, seperti games atau video instan, dapat jadi daya tarik bagi konsumen dan membuat para pengguna lebih aktif serta kreatif.

Melalui survei yang telah dilakukan, 58 persen responden menggunakan fitur hiburan dan gamifikasi karena tertarik dengan hadiah yang ditawarkan. Sisanya, sebanyak 33 persen beralasan karena fitur tersebut populer di kalangan konsumen, 29 persen karena mudah menemukan fiturnya, serta kesempatan berinteraksi dengan konsumen lain bagi 19 persen.

Selain itu, fitur gamification yang digemari oleh yakni Shopee Tanam yang digemari 51 persen responden, Tokopedia Panen Telur 13 persen, dan Lazada Coin Tree sebanyak 2 persen. Sedangkan, fitur hiburan adalah Shopee LIVE yang disukai 50 persen responden, Shopee Video 28 persen, diikuti oleh Tokopedia Play sebanyak 16 persen, Lazada Feed dan LazLive 1 persen.

Sumber: fortuneidn.com

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

--------

Simak berbagai berita pilihan dan terkini lainnya dari kami di Google News