Bacaan Wajib..!!! Jika Kamu Mahasiswa Baru: Tips untuk mahasiswa baru

Tips Untuk Mahasiswa Baru....

Menjadi mahasiswa merupakan impian besar bagi sebagian besar siswa yang telah menamatkan jenjang Sekolah Menengah Atas atau setingkatnya, tidak semua orang berkesempatan untuk meneruskan ke jenjang bangku perkuliahan dikarenakan mungkin terkendala biaya ataupun keadaan yang membuat sebagian orang tidak bisa melanjutkan ke bangku perkuliahan. Jadi beruntunglah kamu, yang bisa berkesempatan untuk melanjutkan studi ke bangku perkuliahan.

Nah, dunia mahasiswa tentunya tidak sama dengan dunia siswa, satu diantaranya dimana di saat kamu siswa mungkin ketika nilai kamu secara keseluruhan tidak mencapai nilai minimal kelulusan maka kamu dikatakan tidak bisa naik kelas berikutnya, beda halnya ketika kamu sudah menjadi mahasiswa maka tidak yang namanya tinggal kelas, yang ada kamu harus menuntaskan nilai minimal setiap matakuliahnya agar tidak mengulang dengan matakuliah yang sama ditahun berikutnya tentu ini akan menjadi beban kamu jika ada nilai matakuliah yang belum tuntas disemester atau ditahun berikutnya. Selain itu akan ada banyak lagi pengalaman pengalaman baru yang akan kamu temui saat kamu menjadi mahasiswa. Nah, ada beberapa tips yang harus kamu tau di saat menjadi mahasiswa agar kamu bisa tamat tepat waktu dan mendapatkan nilai yang bagus.

1. Perhatikan Kontrak Kuliah dan Silabus

Biasanya di awal perkuliahan, dosen akan membuat kontrak kuliah dengan mahasiswanya dikelas, kontrak kuliah itu biasanya berisi aturan yang disepakati antara dosen dengan mahasiswanya, dari mulai jam masuk, batas kehadiran yang layak untuk mengikuti ujian, jenis jenis tugas harus diselesaikan, score penilaian dari setiap tugas yang diberikan dan lain lain. Selain kontrak kuliah, dosen biasanya juga memberikan silabus matakuliah yang memuat informasi lengkap mengenai mata kuliah, seperti misalnya persentase pembagian nilai, materi apa saja yang akan dibahas pada setiap kelas, hingga kisi-kisi untuk ujian. Oleh karena itu, simpan dan perhatikan silabus dengan baik ya. Dari silabus, kamu bisa mengetahui skema belajar, materi materi yang akan dipelajari untuk mata kuliah tersebut selama satu semester akan seperti apa.

2. Cerdas dalam Menjalin Silaturrahmi Sesama Mahasiswa

Pada saat kamu menjadi mahasiswa tentunya kamu akan berteman dengan berbagai karakter baik pertemanan dalam satu kelas, berteman antar kelas ataupun berteman dalam pertemanan organisasi kampus. Tentunya menjalin shilaturrahmi dengan berbagai orang adalah hal yang baik, kita dapat mengetahui berbagai karakter orang dalam kehidupan sehari hari dan mungkin saja bisa menjadi salah satu pintu rezeki disuatu hari nanti. Akan tetapi dalam hal belajar kita harus cerdas dalam berteman, berilah perhatian khusus kepada teman kita yang rajin belajar yang bisa membuat kita bertambah semangat dalam belajar tentu ini sangat positif agar kita bisa menamatkan perkuliahan tepat waktu tanpa ada pengulangan matakuliah disemester berikutnya.

3. Cintai Matakuliahmu

Tak jarang mahasiswa itu kurang semangat belajar ketika mendapatkan dosen yang mengajar agak sedikit tegas dan mungkin sering dikenal dosen "Killer" dalam perkuliahan, padahal maksud si dosen itu baik agar si mahasiswa terbentuk mentalnya menjadi mahasiswa yang bertanggungjawab dan mandiri. Sebenarnya jika menemukan hal yang demikian, si mahasiswa cukup fokus mencintai matakuliahnya, fokus terhadap apa yang disampaikan oleh dosennya saja agar apa yang disampaikan dosennya dapat mudah terserap.

4. Masuklah ke Salah Satu Organisasi Kemahasiswaan

Pada saat kamu menjadi mahasiswa, maka tak jarang kakak senior dari berbagai organisasi kemahasiswaan akan memperkenalkan berbagai organisasi baik organisasi intra kampus, maupun organisasi ekstra kampus. Mahasiswa yang baik bukanlah mahasiswa yang rutinitas nya seperti kupu-kupu (kuliah - pulang, kuliah pulang) akan tetapi mahasiswa yang baik adalah mahasiswa yang bisa menambah keilmuanny diluar keilmuan yang didapatkan dibangku kuliah, salah satu nya adalah keilmuan dalam berorganisasi, ilmu organisasi adalah ilmu yang penting untuk kamu ketahui, tak jarang pengalaman organisasi merupakan salah satu faktor utama dalam hal persyaratan saat kamu memasuki dunia kerja. Untuk itu masuklah ke salah satu organisasi yang kamu senangi atau organisasi yang mendukung keilmuan yang kamu ambil dibangku kuliah.

5. Pandailah Membagi Waktu

Manajemen waktu baik adalah hal yang sangat penting bagi seorang mahasiswa. Kamu harus ingat goal (tujuan) utama kamu adalah tamat kuliah tepat waktu dengan nilai yang bagus. Untuk itu kamu punya roadmaps atau timeline dari semua aktivitas yang akan kamu kerjakan. Tak jarang juga mahasiswa itu terkadang terlena dengan segala aktivitas baik aktivitas akademik maupun aktivitas non akademik diluar perkuliahan yang dapat menghambat bagi mahasiswa tersebut untuk bisa tamat tepat waktu dengan nilai yang bagus.

6. Peka Terhadap Perkembangan Informasi dan Teknologi

Sebagai mahasiswa baru, kamu harus pintar mencari seluruh informasi yang ada agar kamu tidak ketinggalan dengan mahasiswa yang lain. Tidak hanya memanfaatkan teknologi untuk mencari tahu informasi terkini tapi juga kamu bisa memanfaatkan teknologi agar membantu dalam menyelesaikan semua tugas selama masa studi.

Itulah beberapa tips yang harus diketahui bagi mahasiswa baru, mumpung masih muda, mahasiswa baru harus mengisi hidupnya dengan kegiatan positif dan bermanfaat karena mahasiswa adalah agen of change (agen perubahan).

-----

Penulis:

Abi Waqqosh
Dosen Ekonomi Syariah STAI Al Ishlahiyah Binjai 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url

--------

Simak berbagai berita pilihan dan terkini lainnya dari kami di Google News